Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang nyaman untuk ibu hamil

Banyak ibu-ibu hamil yang sering bertanya di dalam hati, bagaimana sebaiknya posisi tidur ibu hamil 5 bulan? Seiring berkembangnya waktu, janin di dalam kandungan ibu akan semakin bertumbuh dan tentunya juga semakin besar. Hal itu tentu membuat para ibu menjadi sangat bahagia saat mengetahui bahwa janin yang dikandung dalam kondisi sehat. Tapi hal itu juga yang membuat banyak ibu-ibu mengeluh karena posisi tidur yang menjadi kurang nyaman, tetapi ada di tokopedia kasur yang bisa digunakan untuk ibu hamil, jika berminat bisa langsung menghubungi call center tokopedia tetapi dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk dicoba

Berikut ini adalah berbagai posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang nyaman serta aman bagi janin:

Disini yang menjadi perhatian utama kita tentu saja posisi yang aman untuk janin. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang paling dianjurkan adalah:

  • Posisi Miring Kiri

Hal ini disebabkan karena aliran darah dan nutrisi dari ibu ke janin akan menjadi lebih lancar, karena vena yang terletak di sebelah kanan tulang punggung tidak tertekan. Selain itu, ruang gerak si janin akan menjadi lebih luas.

  • Membuat Posisi Kaki Lebih Tinggi

Posisi ini juga sering kali dianjurkan oleh orang tua kita. Saat usia kandungan semakin besar, sering kali yang menjadi masalah bagi sebagian ibu hamil adalah kaki yang membengkak. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan ini, dapat membantu memperlancar aliran darah balik ke jantung.

  • Posisi Bersandar

Ibu-ibu dapat menumpuk 2 atau 3 bantal di belakang, untuk menyangga kepala bagian belakang, leher, sampai punggung. Posisi ini juga dapat membuat ibu-ibu merasa nyaman dan rileks. Posisi janin juga tidak tertekan dan aman.

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang sangat tidak dianjurkan adalah:

  • Posisi Tidur Tengkurap

Karena rahim akan tertekan oleh badan ibu. Dan ini jelas sekali akan mengganggu perkembangan janin dalam rahim ibu.

  • Posisi Terlentang

Pada usia kehamilan 5 bulan, janin sudah semakin besar. Ini akan menyebabkan terdesaknya diafragma ibu hamil. Otomatis jika ibu hamil tidur dengan posisi terlentang, maka ruang paru-parunya akan menyempit. Hal ini akan menyebabkan supply oksigen untuk ibu dan janin menjadi berkurang.

Ibu hamil yang usia kandungan nya sudah memasuki 5 bulan (trimester ke dua) sebaiknya juga rajin mengikuti senam hamil, makan makanan yang bernutrisi, dan menjaga kesehatan.

Selamat menikmati kehamilan ibu-ibu sekalian. Semoga posisi tidur ibu hamil 5 bulan ini dapat membantu ibu-ibu untuk semakin menikmati kehamilan. Tetap bahagia, tetap semangat, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *