Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan Yang Aman

Seorang ibu yang tengah hamil banyak mengalami kesulitan dalam menyesuaikan kondisi tubuh dengan kebiasaan sehari-harinya. Salah satu kesulitan yang banyak dialami adalah masalah tidur. Banyak dari mereka yang masih bingung lantaran takut jika salah mengambil posisi tidur maka kesehatan bayi akan terancam.

Tidur merupakan sebuah kebutuhan pokok yang berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari ragam aktivitas harian. Waktu untuk tidur yang baik adalah 7 hingga 9 jam dalam sehari.Terutama bagi ibu hamil, tidur menjadi waktu istirahat yang paling efektif bukan hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh melainkan juga untuk menjaga kesehatan sang bayi.

Tidak hanya waktu tidur yang harus dipermasalahkan, namun posisi tidur juga harus diperhatikan. Dengan kondisi perut yang semakin besar, ada baiknya ibu tahu posisi tidur bagaimana yang cocok dipilih untuk beristirahat.

Berikut ini merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang bisa ibu terapkan sebagai kebiasaan sehat tidur harian.

  • Posisi tidur menyamping

Salah satu posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang baik adalah dengan tidur menyamping. Posisi ini merupakan posisi paling aman bagi semua usia kehamilan terutama saat memasuki trisemester 2 dan trisemester 3. Tidur menyamping dapat mengurangi masalah serta keluhan selama masa kehamilan.

Posisi tidur miring atau menyamping juga menjadi posisi tidur yang dianjurkan dalam agama Islam. Rasullullah SAW pernah mencontohkan jika ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika tidur dalam posisi miring. Hal ini juga dibuktikan melalui penelitian- penelitian oleh para ahli kesehatan.

Dalam meningkatkan kenyamanan ibu saat hamil, ibu bisa mengatur posisi tidur secara bergantian mulai dari miring ke kanan atau miring kekiri. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal untuk diletakkan diantara lutut serta pada bagian punggung dan di sela paha untuk menambah rasa nyaman.

  • Posisi meninggikan kaki

Posisi ini dilakukan dengan cara meletakkan kaki di atas tumpukan bantal. Tidur dalam posisi ini dapat memperlancar aliran darah balik dari kaki menuju jantung. Bukan hanya itu, meninggikan kaki juga bagus dalam memperlancar aliran darah menuju otak serta mengurangi rasa nyeri dan pusing yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *